Selasa, 16 Juli 2013

CPU PS4 DevKit 2,75GHz. Lebih Pelan dari PS3 3,2GHz

PlayStation 3 hadir dengan CPU delapan core yang berjalan pada 3,2 GHz. Sebuah prestasi yang luar biasa dan cukup canggih pada jaman-nya. Kini melalui data FCC (badan pengawasan komunikasi di Amerika), diketahui bahwa CPU PlayStation 4 DevKit hanya mampu berjalan maksimal pada 2,75 GHz.

Apakah ini artinya PlayStation 3 lebih cepat dari PlayStation 4 DevKit?

Belum tentu, bisa jadi PlayStation 4 DevKit yang mampu mengerjakan tugas lebih cepat meski memiliki clock yang lebih rendah 450 MHz. Hal ini dapat terjadi karena PlayStation 4 DevKit menggunakan CPU yang modern, yaitu Jaguar dari AMD. CPU ini didesain oleh AMD agar mampu berjalan efisien dalam suhu yang rendah dan hemat listrik.

Sebagai contoh nyata, PC saya yang menggunakan CPU Pentium dual-core 2GHz ternyata berjalan lebih lambat dari laptop i5 dual-core yang berjalan di kisaran 1,6 GHz saja. Di PC saya kesulitan memainkan video 1080p, sedangkan di laptop yang clock-nya lebih rendah berbagai video 1080p dapat dimainkan dengan nyaman.

Selain clock CPU, dalam data FCC juga terdapat informasi suhu kerja PlayStation 4 DevKit yang sangat dingin, yaitu pada kisaran 5 sampai 35 derajat celcius saja. Sebagai pembanding, CPU PlayStation 3 biasa berkerja di suhu sekitar 70 celcius.

source | image source


Source : gamexeon[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar