Minggu, 07 Juli 2013

GT Academy 2013

Pada pertengahan tahun ini gamer PlayStation 3 terutama para pecinta seri Gran Turismo kembali dikejutkan dengan kehadiran GT Academy 2013. Dengan ukuran file yang lebih kecil dibanding GT Academy 2012 tahun lalu yakni hanya sekitar 1GB saja, kamu sudah bisa mencicipi GT Academy 2013 yang ditenagai engine yang juga dipakai untuk Gran Turismo 6. Penasaran apa saja konten gamenya? Gamexeon akan kupas dalam artikel hands-on berikut ini.

Pertama kali ketika kamu memasuki menu utama GT Academy 2013 kamu akan mendapat sambutan & sedikit tutorial dari Lucas Ordóñez, pemenang kompetisi GT Academy pertama di dunia. Di awal menu kamu diminta untuk memasukkan nama lengkap sebelum bisa menjajal performa Nissan 370Z yang nantinya bisa kamu kendarai dalam salah satu event di GT Academy 2013 ini. Setelah sedikit briefing dengan staff, kita akan membawa si cantik Nissan 370Z GT Academy Edition berwarna Brilliant White Pearl menjejakkan rodanya di sirkuit Silverstone yang legendaris.

 GT Academy 2013
 GT Academy 2013
 GT Academy 2013
 GT Academy 2013

Saat pertama melihat interior mobil, kamu akan dihadapkan dengan interior yang cukup elegan untuk kelas sebuah mobil racing dan tentu saja tampilan HUD yang ngga kalah cakep. Seperti yang kamu lihat pada beberapa screenshot di bawah, tampilan HUD yang terlihat elegan inilah yang akan menjadi pemandangan kamu ketika mengemudi di Gran Turismo 6 nantinya.

 GT Academy 2013
 GT Academy 2013
 GT Academy 2013

HUD durabilitas ban mobil kini dilengkapi dengan indikator angka yang akan menunjukkan seberapa lama nantinya ban itu bisa akan kamu gunakan di lintasan sebelum pecah. Di sampingnya terdapat indikator bahan bakar analog, menggantikan indikator berupa bar yang terdapat pada Gran Turismo 5. Selanjutnya terdapat indikator bar untuk rem dan akselerasi yang kini hadir dengan bentuk yang melengkung tipis, memberikan kesan lebih classy dibanding dengan dua buah indikator bar yang gemuk seperti pada Gran Turismo 5, dan diakhiri dengan indikator speedometer di sebelahnya. Sisanya tidak banyak berubah jauh dari tema sebelumnya.

Pertama kali melakukan test drive Nissan 370Z di GT Academy 2013 yang ditenagai engine Gran Turismo 6 ini, salah satu hal yang cukup terasa berbeda adalah dari segi handling. Sebelum mulai beraksi di lintasan saya selalu melakukan setting berkendara dengan mematikan traction control & skid recovery force untuk mencapai performa berkendara mobil yang optimal. Dengan settingan berkendara yang biasa saya terapkan juga pada Gran Turismo 5 ini, terasa sekali perbedaan pada handling mobil yang terasa lebih berat. Hal ini membuat bobot mobil terasa lebih realistis dan membuat mobil lebih terasa mudah dikendalikan ketika memasuki tikungan, terlebih ketika melakukan drift. Selain itu animasi badan mobil dan pandangan pengemudi yang terpengaruh karena gaya sentrifugal ketika menikung juga lebih terasa.

Sebelumnya banyak sekali teman-teman forum gtplanet.net dan gamer penggemar seri Gran Turismo di situs lain yang mengeluhkan demo Gran Turismo 6 dari sisi audio, terlebih dari suara mesin mobil yang terdengar seperti dengungan vacuum cleaner. Memang saya juga sedikit merasa seperti itu tapi hal ini bisa sedikit diatasi dengan memasang speaker 4.1 channel atau lebih di rumah dan memperbesar volume sound effect ketimbang musik di dalam game. Tapi tentu saja hal ini relatif tergantung dari selera gamer masing-masing.

Dari segi grafis, pemandangan sepanjang track di GT Academy 2013 terkesan lebih natural dengan tone yang sedikit lebih hangat dan sejuk sesuai dengan waktu & lintasan yang dimainkan. Selain itu Poliphony Digital kali ini sedikit bermain dengan aspek detil yang ada di lintasan. Kamu bisa melihat rerumputan yang ikut bergoyang ketika diterpa angin dari mobil yang melaju kencang di lintasan, bulir pasir & debu yang lebih halus serta gumpalan congkelan tanah yang berhamburan ketika mobilmu tergelincir keluar lintasan, ditambah dedaunan yang berguguran ketika kamu melintas di depan beberapa pohon yang mulai meranggas di track Autumn Ring Mini. Tapi satu hal yang paling melegakan adalah ketika bug bayangan obyek mobil dari Gran Turismo 5 yang sudah diperbaiki hingga terkesan lebih lembut meski belum begitu sempurna. Sayangnya PD ngga menyediakan fitur elemen car damage pada demo ini sehingga saya belum tahu seberapa jauh animasi tingkat kerusakan yang terlihat ketika mobil menghantam obyek di lintasan dengan keras.

 GT Academy 2013
 GT Academy 2013

Beralih ke User Interface, kali ini sepertinya Gran Turismo 6 memang mengusung tema stylish & elegan untuk menunjukkan keeksklusifannya untuk konsol Sony yang satu ini. Diiringi dengan beberapa koleksi BGM lama yang memutar lagu-lagu bergenre Jazz, Bossa nova, dan lain-lain mampu menghadirkan nuansa yang cozy & elegan.

Pada GT Academy 2013 terdapat total 4 event yang bisa kamu mainkan di antaranya dibagi menjadi 2 kategori yaitu Beginner Events dan Special Events yang akan terbuka seiring kamu bermain. Total mobil yang bisa kamu kendarai ada 3 di antaranya Nissan Leaf G, Nissan 370Z, dan Nissan GT-R GT Academy version.

11 GT Academy 2013 Online Qualification GT Academy 2013

Dari sekian ratus ribu peserta yang sudah ikut hingga putaran hari ke-4, untuk kategori Special Events Nissan GT Academy 2013 saat ini saya hanya mampu mencatat waktu terbaik 2:23.814 menit dari target waktu 2:24.800 menit dan berakhir di posisi 16. Terpaut  sekitar 5 detik dengan juara ke-3 GT5 Asia Online Tournament 2012 tahun lalu yang berasal dari Gran Turismo Indonesia Club (GTIC) yang saat ini menempati posisi pertama terbaik di dunia.

Buat kamu penggemar seri Gran Turismo, sudah siapkah kembali turun ke lintasan musim ini di akhir tahun nanti dalam Gran Turismo 6? Saya tunggu tantangan kamu di lintasan! icon biggrin GT Academy 2013


Source : gamexeon[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar