Jumat, 12 Juli 2013

Kontroversi Dibalik Ratusan Ribu Aplikasi Apple AppStore

Saat ini Apple sedang merayakan ulang tahun kelima AppStore. Selama 5 tahun ini pencapaian yang dicapai AppStore terhitung sangat memuaskan, 900.000 koleksi aplikasi yang total sudah di download 50 Milyar kali, dengan pembayaran total 10 milyar dollar untuk para developer hingga saat ini. Namun kabar mengejutkan datang dari BBC.

BBC melaporkan berdasarkan penelitian Adeven mengungkapkan 2/3 aplikasi yang ada di AppStore adalah aplikasi Zombie, alias tidak pernah di download lagi. Seperti yang dikatakan Adeven, “Berfokus pada AppStore region US, dari total 888,586 aplikasi di dalam database 579,001 nya adalah aplikasi zombie!”

zombie birds 1 Kontroversi Dibalik Ratusan Ribu Aplikasi Apple AppStore

Adeven mengatakan yang mereka maksud Zombie adalah aplikasi yang tidak pernah muncul dalam semua list / chart apapun yang ada di AppStore, hal ini menyebabkan aplikasi tersebut sangat sulit  ditemukan pengguna sehingga jumlah downloadnya terlampau kecil hingga para pembuatnya malas melanjutkan aplikasinya.

Visibilitas memang menjadi masalah para pembuat aplikasi terutama di toko aplikasi besar sekelas Google Play dan AppStore. Semakin besar koleksi aplikasi AppStore semakin sulit developer ‘menjual’ aplikasinya. Cara lain yang bisa dilakukan developer selain membuat aplikasi sebagus mungkin hingga direview banyak pihak adalah dengan memasang iklan ‘jor-joran’, seperti yang dilakukan KakaoTalk dan LINE saat ini.


Source : gamexeon[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar