Senin, 01 Juli 2013

PS4 Ternyata Pernah Didesain Seperti Xbox One

PlayStation 4 akan hadir pada akhir tahun ini dengan desain yang sangat ramah terhadap developer melalui memory berukuran 8GB yang memiliki bandwidth sangat-amat-tinggi, 176 GB/detik. Sony ternyata pernah mempertimbangkan desain yang berbeda, mereka pernah melihat keuntungan yang dapat diraih bila menggunakan memory yang lebih pelan tetapi didalam SoC diberikan eDRAM yang jauh lebih cepat sehingga meraih bandwidth 1088 GB/detik.

Dilihat sekilas, penggunaan eDRAM memang menawarkan potensi kinerja yang luar biasa tetapi Sony tidak bisa memberikan eDRAM berukuran 8 GB. Kapasitas yang bisa dimiliki oleh eDRAM sangatlah terbatas dalam MB saja sehingga akan memerlukan kerja ekstra dari tim developer untuk bisa memanfaatkan teknologi ini dengan baik.

Sony tidak mau melakukan kesalahan yang sama dengan PlayStation 3 dimana developer pusing tujuh keleling untuk bisa membuat game yang berjalan dengan baik. Akhirnya PlayStation 4 dipilih untuk menggunakan GDDR5 berukuran 8GB yang bisa langsung diakses oleh CPU dan GPU. Desain ini membuat developer game dapat dengan mudah memanfaatkan kehebatan PlayStation 4 sejak awal, tanpa perlu pusing.

ps4 ram design PS4 Ternyata Pernah Didesain Seperti Xbox One

Xbox One memiliki desain yang serupa dengan apa yang dipertimbangkan untuk PlayStation 4 tetapi tidak jadi di pakai oleh Sony. Xbox One menggunakan RAM 8 GB berjenis DDR3 yang pelan tetapi dilengkapi dengan eSRAM berukuran 32 MB yang cepat. Hasilnya Microsoft mampu menyajikan bandwidh sampai 192 GB/s dalam Xbox One. Desain ini telah sukses digunakan oleh Xbox 360 yang memiliki RAM 512 MB dan eDRAM beberapa belas MB (tidak sampai 20 MB) untuk menghasilkan game dengan gambar yang memukau dan terlihat halus.

source


Source : gamexeon[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar