Selasa, 18 Juni 2013

7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

IOS 7 memang sesuatu yang sangat menarik terutama bagi pemilik iDevice, karena sejak pertama kali dirilis tahun 2007 lalu praktis inilah pembaharuan UI besar-besaran pertama yang dilakukan Apple terhadap sistem operasi mobile miliknya. Seperti hal baru lainnya tentu selain positif pasti ada sisi negatifnya, setelah mencoba iOS 7 beberapa hari lewat cara yang pernah saya bagikan, berikut beberapa alasan kenapa kamu mungkin tidak akan menyukai iOS 7 nantinya. Karena bagaimanapun pada dasarnya orang akan menolak sesuatu yang baru jika ia sudah terlalu lama dengan suatu hal.

Just To ‘Flat’

ios 7 itunes radio 7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

Seperti yang pernah dijanjikan Johny Ive desain iOS 7 memang benar-benar sangat datar, kamu tidak akan melihat efek 3D dan shadow di UI iOS 7 ini. Desain ini memang terlihat simple, sederhana, cerah dan colorfull masalahnya tidak semua orang menyukai desain ini. Dengan desain ‘flat’ nya iOS 7 terlihat biasa-biasa saja berbanding terbalik dengan iOS sebelumnya yang terkesan 3D dan rich.

Icon & Gradient

ios 7 header 7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

Entah kenapa saya sangat tidak suka dengan desain aplikasi bawaan di iOS 7 ini, alasannya karena icon-icon ini menggunakan background gradient dengan campuran warna yang mengganggu menurut saya. Coba saja lihat desain icon “videos”, “Mail”, dan “Weather”! Eughh..!

Layar ‘bergerak-gerak’

ios 7 tester 2 7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

Mungkin kamu tidak tahu tentang hal ini karena memang baru sedikit yang membahas tentang pergerakan layar ini, tapi layar iOS 7 memang bisa bergerak, ya yang saya maksud benar-benar bergerak. Untuk membuktikannya bagi kamu yang sudah menginstall iOS 7 di iPhone / iPod Touch mu coba lihat layar Iphone mu sejajar dengan mata perhatikan posisi iconnya lalu putar iPhone secara horizontal kearah belakang (hingga layar iphone menghadap kesamping) perhatikan iconnya akan bergerak sedikit demi sedikit.

Alasan kenapa layar iOS 7 bergerak untuk memudahkan pengguna menyentuh elemen-elemen di layar iPhone dalam kondisi apapun, jadi kamu tetap bisa menyentuh icon aplikasi yang kamu inginkan meskipun layar menghadap hampir 90 derajat dari wajahmu. Memang hal ini bagus dan cukup membantu, tapi buat saya icon yang bergerak-gerak dengan sendirinya terkesan sangat aneh, jika saja gerakan sedikit diperhalus hingga pengguna tidak menyadari perpindahan nya pasti akan sangat keren.

Berat

ios 7 multitasking 7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

Entah karena OS yang saya dapatkan masih beta dan belum stabil atau memang seperti itulah iOS 7 tetapi dari yang saya rasakan beberapa hari ini iOS 7 terkesan sangat berat, beberapa game yang biasanya lancar di iPod Touch 5 saya jadi patah-patah dan kadang juga tidak stabil (force close). Beratnya iOS7 paling terasa saat kamu membuka tampilan multitasking. Semoga di versi finalnya nanti iOS 7 bisa lebih ringan dan stabil.

Borot Battery

low battery 7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

Saya tidak tau seberapa lebih borosnya iOS 7 tapi salah satu teman GX yang sudah mencoba mengkonfirmasi iPhone miliknya yang sudah diinstall iOS 7 battery nya tinggal tersisa 74% pada jam 12 siang padahal baru di charge penuh paginya. Borosnya battery ini juga saya rasakan sendiri, tapi yang paling mengganggu buat saya adalah Iphone yang sudah diinstall iOS 7 akan mati otomatis ketika battery tersisa kurang dari 20%, bisa saja sih dihidupkan lagi tapi mati lagi tidak lama kemudian. *facepalm

Terlalu Terang

photo 7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

Desain minimalis iOS 7 akan menghilangkan bar biru dan background abu-abu muda yang biasanya menjadi background tiap aplikasi di iOS. Sebagai penggantinya kamu akan diberikan aplikasi dengan layar putih cerah yang menurut saya terlalu terang dan silau. Selain mengganggu penglihatan layar yang terlalu terang juga membuat konsumsi daya bertambah dan battery lebih cepat habis.

Masih Sebuah iOS

ios vs android sf 7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

Oke yang alasan yang satu ini terlalu dibuat-buat, bagaimanapun juga yang pasti iOS 7 tetaplah sebuah iOS. Kamu tidak akan menemukan pilihan customize jika kamu bosan dengan tampilan gadgetmu nanti, iOS 7 juga masih tidak memiliki homescreen, tidak bisa menjalankan ‘multi tasking’ sebaik Android apalagi PalmOS. Dan yang pasti karena ini sebuah iOS, iOS milik Apple, sekali lagi iOS milik Apple suka tidak suka mau tidak mau kamu akan belajar menyukainya. icon biggrin 7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Tidak Akan Menyukai iOS 7 Nantinya

Sebagian kekurangan iOS 7 yang saya tuliskan disini mungkin saja disebabkan karena OS nya yang belum final dan beberapa lainnya lebih kepada faktor selera. Jadi bagaimana menurutmu, apakah kamu akan segera update ke iOS terbaru saat dirilis nanti atau menunggu update selanjutnya?


Source : gamexeon[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar