Jumat, 28 Juni 2013

Tren Terbaru Smartphone: Canggih + Lebar + Tipis!

Saya merupakan seorang penggemar dan pengamat teknologi, saya suka sekali memperhatikan perkembangan teknologi terutama gadget dan smartphone. Sekitar awal-awal 2000-an tren yang ada adalah para vendor pembuat handphone berlomba-lombat membuat ukuran handphone semakin kecil semakin kecil dan semakin tipis semakin tipis. Nah beberapa tahun ini para produsen membuat smartphone dengan layar yang semakin melebar, mulai dari 3.5″, 4″, 4.5″, 5.7″ dan titik jenuhnya tercapai di tahun ini yaitu 5″.

Para vendor seolah sepakat 5″ adalah titik terbesar untuk ukuran layar handphone lebih dari itu kenyamanan pengguna pasti diabaikan. Memang ada beberapa smartphone ataupun phablet dengan layar lebih dari 5″ seperti Galaxy Note namun seperti saya katakan ukuran sebesar ini akan mengurangi portabilitasnya dan sulit dimasukkan ke kantong.

Canggih + Lebar + Tipis!

Nah jika kamu perhatikan saat ini produsen-produsen sedang berpaling menuju tren yang baru, mereka akan menghadirkan smartphone lebar nan tipis namun tetap menggunakan spesifikasi level dewa dan kecanggihan khas smartphone era Android dan iOS. Dua smartphone yang sudah beredar di pasaran dan termasuk dalam kategori ini adalah Xperia Z Ultra dan Lenovo K900.

Sony Xperia Z Ultra

Xperia Z Ultra Tren Terbaru Smartphone: Canggih + Lebar + Tipis!

Setelah beberapa lama menjadi flagship andalan Sony Xperia Z mendapat versi baru yang disebut Xperia Z Ultra. Seri Xperia Z milik Sony memang masuk dalam jajaran super smartphone, dilengkapi dengan sensor kamera canggih dan tentunya yang paling terkenal adalah jargon sebagai “handphone yang bisa dicuci”.

Sementara itu di Xperia Z Ultra Sony tetap memasukan semya kecanggihan yang ada ditambah layar besar 6.4″ beresolusi Full-HD dan yang paling penting adalah ketebalannya yang hanya 6,5mm. Dengan spesifikasi seperti ini Sony Xperia Z Ultra didaulat sebagai smartphone berlayar Full-HD paling tipis di dunia.

Lenovo K900

lenovo k900 Tren Terbaru Smartphone: Canggih + Lebar + Tipis!

Meski tidak berasal dari top vendor dunia Lenovo K900 tetap menarik perhatian awak media dalam dan luar negeri. Statusnya sebagai smartphone Android pertama yang menggunakan processor Intel Atom tentu membuatnya sangat unik. Kehebatan otak Intel ini tidak perlu diragukan lagi, karena mereka mengklaim Intel Atom DUAL-core sudah cukup untuk mengalahkan processor ARM QUAD-core. Hal ini dibuktikan dengan skor Antutu benchmark K900 yang mencapai 27.000 point.

Dengan segala kecanggihannya itu ternyata Lenovo berhasil membuat K900 dalam ukuran yang sangat tipis yaitu hanya 6,9mm! Lenovo K900 sendiri menggunakan layar 5,5″ full-HD atau setara dengan 400 PPI. Seperti saya bilang lebar, canggih tapi tipis!

Kubu Apple

Jika kedua smartphone diatas berbasiskan Android ternyata Apple juga punya gadget canggih yang tidak kalah tipisnya. Well, Ipod Touch 5th gen memang bukanlah sebuah smartphone tapi pada dasarnya Ipod Touch adalah Iphone tanpa telepon. Dengan layar 4″ retina display Apple berhasil membuat multimedia player cantik nan canggih dengan ukuran yang sangat tipis, yaitu hanya 6,1mm atau lebih tipis dari kedua smartphone diatas. Berat Ipod Touch generasi 5 ini pun sangat enteng yaitu hanya 88gram saja.

ipod touch 5 dimention Tren Terbaru Smartphone: Canggih + Lebar + Tipis!

Banyak penggemar apple yang berharap Iphone baru bisa digunakan senyaman setipis dan seringan Ipod Touch ini. Logikanya Apple mungkin saja membuat Iphone dengan ukuran seperti Ipod Touch, seperti saya bilang tadi perbedaan utama kedua gadget ini hanyalah modul telepon dan antena seluler yang jika ditambahkan sekalipun tidak akan membuatnya bertambah tebal dan berat terlalu signifikan.

Kesimpulan

Tren memang selalu berubah, kadang kala produsen akan menciptakan produk mengikuti keinginan konsumen namun terkadang juga konsumen yang mengikuti tren yang diciptakan para vendor smartphone. Dan sekarang anginnya sedang berubah mengarah pada smartphone nan canggih berlayar lebar dengan ketebalan setipis mungkin.

Header image by: Gizmodo


Source : gamexeon[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar