Jumat, 28 Juni 2013

Xbox One Tambah Cepat, Kalahkan PS4?

Xbox One akan terbit dengan RAM berjenis DDR3 yang populer digunakan di PC dan lebih pelan dibanding GDDR5 yang digunakan PS4. Untuk mengatasi masalah ini, Microsoft menanamkan eSRAM berkecepatan tinggi di Xbox One.

Kini Digital Foundry melaporkan bahwa estimasi kecepatan Xbox One telah direvisi Microsoft. Pada Xbox One versi final, terdapat peningkatan kecepatan transfer data eSRAM dari 102 GB/detik menjadi 192 GB/detik. Peningkatan ini membuat Xbox One mampu mengakses data lebih cepat dari PlayStation 4 yang memiliki kecepatan 176 GB/detik.

Tapi disini bukan berarti PlayStation 4 kalah telak. Meski hanya memiliki kecepatan sebesar  176 GB/detik, PlayStation 4 mampu mengaksesnya di dalam memory yang sangat besar, berukuran 8 GB. Sedangkan di Xbox One, kecepatan sampai  192 GB/detik hanya bisa tercapai di eSRAM yang berukuran 32 MB saja.

Prinsip serupa telah digunakan Microsoft dalam Xbox 360 yang memiliki RAM pelan tetapi dibantu oleh eDRAM berukuran beberapa belas MB (sekitar 14-18 MB). Desain ini mengijinkan developer game untuk melakukan peningkatan visual yang menarik seperti Alan Wake yang berjalan dengan 4x MSAA sehingga gambarnya halus, tanpa efek gerigi di pinggir objek.


Source : gamexeon[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar