Salah satu kekuatan dari sebuah RPG adalah storyline, atau bisa diartikan sebagai jalan cerita. Semakin kuat jalan cerita itu, biasanya pemain akan semakin tenggelam di dalamnya. Nah, jalan cerita juga tidak cuma ditemui dalam RPG saja. Versi onlinenya, alias MMORPG, juga memiliki jalinan cerita.
Peran storyline dalam mmorpg
Seberapa penting jalan cerita dalam RPG/MMORPG? Tentu penting. RPG ataupun MMORPG, itu adalah semacam permainan peran. Maka kita perlu tahu cerita dari peran itu sendiri. Misalnya kita adalah seorang ksatria, lalu apa tugasnya? Dari mana asalnya? Atau mengapa kita menjadi ksatria? Nah, itu semua bisa terjawab jika ada jalinan cerita yang terperinci.
Jalinan cerita dalam MMORPG, berperan untuk mengisahkan cerita game itu. Dengan adanya cerita, maka kita mendapatkan kejelasan dari ‘tugas’ kita. Tidak lucu kan, tiba-tiba kita jadi ksatria begitu saja. Well, pasti kalian bingung dan bertanya-tanya nantinya.
Jika diingat lagi, bahkan tabletop RPG bermula dari ‘bercerita.’
Baca cerita di MMORPG?
Nah, problemnya di sini nih. Ada beberapa MMORPG yang menghadirkan cerita keren, tapi apakah dibaca? Apakah gamer MMORPG hanya membaca sekilas, bahkan mungkin tidak sama sekali? Nanti bagaimana bisa mengerti permainannya, dong?
Well, sayangnya ada beberapa gamer emoh membaca. Alasannya? Entah mereka malas, ceritanya kepanjangan, atau karena terjemahan yang buruk. Berdasarkan pengalaman di jagad MMO, tidak semua gamer online rajin membaca. Mereka hanya skip-skip cerita, langsung ke pertarungan. Atau mereka emoh membaca, soalnya terjemahannya susah dimengerti.
Ada sedikit cerita nih. Saya pernah bermain sebuah MMORPG bersama teman-teman warnet. Kami ingin mencoba menyelesaikan quest utama bareng; ngelawan boss. Quest itu agak susah, jadinya harus dilakukan dalam party. Well, quest itu ada jalan ceritanya juga, bahkan punya cinematic scenenya. Dalam scene itu, diceritakan storyline dari game tersebut.
Well, teman-teman saya ngeskip cinematic scenenya, dan bersiap bertarung dengan boss. Lalu kami menyadari, kok ga bisa masuk ke room bossnya? Ternyata ada satu teman party kami yang masih sibuk membaca, bahkan asik nonton cinematic scenenya. Kami semua protes, karena ingin cepat-cepat bertarung. Lalu dia menjawab : “Gue kan mau ngerti ceritanya juga. Sabar dong!”
Dan setelah itu saya tersadar. Apakah saya ingin memahami cerita game itu, atau cuma ingin bossing semata? Padahal saya selalu rajin membaca cerita, apalagi saat bermain JRPG.
Kesimpulannya?
Setelah kejadian quest boss itu, saya tersadar. Apakah gamer online, khususnya MMORPG, benar-benar paham cerita dari game itu? Apakah mereka hanya skip cerita, karena fokus pada leveling? Apakah cerita MMORPG hanya sampingan semata?
Tidak semua MMORPG punya cerita yang “standard”. Star Wars The Old Republic (SWTOR) misalnya, ternyata punya cerita yang seru di dalamnya. Bahkan jalinan cerita, adalah inti dari SWTOR.
Apakah storyline penting dalam MMORPG? Kemukakan pendapat kalian.
Source : gamexeon[dot]com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar